PENYEMPURNAAN SOP RESTITUSI BP/JL TOKEN PERDANA DENGAN PENAMBAHAN TIME LINE USER AP2T UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN KEPADA CALON PELANGGAN DAN PELANGGAN

Kethut Mandrowo, Abdul Syakur, Mochammad Facta

Abstract


Salah satu kunci pelayanan di PLN adalah transparansi dan kenyamanan. PLN sudah melakukan transformasi proses bisnis pelayanan di era kepemimpinan bapak Dahlan Iskan, dimana banyak penyederhanaan proses bisnis pelayanan dan dan saat ini dikembqngkan menuju digitalisasi pelayanan, ini adalah terobosan yang luar biasa  yang dalam waktu satu dasa warsa PLN sudah bisa mencapainya dengan tetap melakukan improvement, sehingga “semua akan menjadi mudah transaksi dengan PLN”. Namun ada beberapa hal dalam salah satu proses bisnis pelayanan yang perlu disempurnakan, salah satunya adalah proses restitusi Biaya Penyambungan/ Uang Jaminan Pelanggan/ Token Perdana, yaitu proses pengembalian uang Biaya Penyambungan/ Uang Jaminan pelanggan/ Token perdana  kepada calon pelanggan yang permohonan Pasang Baru/ Perubahan Dayanya ditangguhkan oleh PLN, selama ini belum ada transparasi jangka waktu pengembalian seperti layaknya target hari layanan pasang baru dan perubahan Daya (hari kerja), pengembalian Biaya Penyambungan/ Uang Jaminan pelanggan/ Token perdana ini sangat penting bagi pelanggan, dengan harapan uangnya bisa dipakai kembali untuk permohonan Pasang Baru/ Perubahan Daya apabila nantinya kebutuhan penyambungan sudah bisa dilayani PLN, sehingga PLN bisa segera menyalurkan tenaga listrik ke pelanggan yang nantinya pasti berefek  pada penjualan kWh dan rupiah pendapatan, selain itu juga akan berimbas pada citra perusahaan akan menjadi lebih baik, kepercayaan pelanggan kepada perusahaan akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


SK Dir no. 1336.K/DIR/2011 tentang Pedoman Proses Pelayanan Pelanggan

PERDIR No. 0133.P/DIR/2019 tentang Pedoman Tata Usaha Konsumen di lingkungan PT PLN (Persero).

UU No, 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Surat KDIVAGA No. 0500/AGA.01.01/DIVAGA/ 2018 tanggal 20 Agustus 2018 tentang SOP Penyempurnaan Penandaan Kriteria TMP PB/PD dan Restitusi PB/PD di AP2T.

EIS APKT.

EIS AP2T


Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.